Friday, October 10, 2014

Marc Márquez, Juara MotoGP Termuda

Marc Márquez

dari Wikipedia, ensiklopedia bebas

Ini adalah nama Catalan (sebuah provinsi otonom di Spanyol). Nama keluarga yang pertama adalah Márquez dan yang kedua adalah Alentà.

Marc Márquez saat menjuarai MotoGP
Marc Márquez i Alentà (lahir pada tanggal 17 Februar1 1993) adalah seorang pembalap motor asal Spanyol yang berlaga di Grand Prix dan merupakan juara dunia MotoGP pada saat ini. Dia adalah salah satu dari empat pembalap yang berhasil memenangkan gelar juara dunia dalam tiga katagori yang berbeda (125cc, Moto2 250cc, dan MotoGP), setelah Mike Hailwood, Phil Read dan Valentino Rossi.

Márquez memenangkan gelar juara dunia 125cc pada tahun 2010 dalam kejuaraan 125cc World Championship, kemudian juara dunia tahun 2012 di kompetisi Moto2 World Championship, dan langsung menjuarai 2013 MotoGP World Championship pada tahun berikutnya yang sekaligus menjadi debutnya di ajang tersebut. Márquez menjadi pembalap pertama sejak Kenny Roberts Sr. yang pada tahun 1978 berhasil menyelesaikan musim balapan dan meraih gelar premier class title musim perdananya, dan Marquez pada saat ini adalah pembalap termuda yang memenangkan gelarnya secara keseluruhan. Dia adalah kakak kandung dari pembalap Moto3, Álex Márquez.

Marc Marquez cilik saat berfoto dengan legenda hidup MotoGP Valentino Rossi.
Kini Marquez telah berhasil menyamai torehan Rossi
dan diprediksi akan menjadi legenda MotoGP berikutnya.

Karir

125cc World Championship

Marc Márquez saat membalap di katagori 125cc
Lahir di Cervera, Spanyol, Márquez membuat debut kejuaraan pada 13 April 2008 di 125cc 2008 Grand Prix Portugal pada usia 15 tahun dan 56 hari. Dia adalah pembalap Spanyol termuda yang mengambil pole position atau podium di kejuaraan dunia balap motor.

Marquez meraih podium pertamanya pada 22 Juni 2008 di Grand Prix Inggris. Untuk tahun 2009, ia adalah pabrik KTM pengendara, dan di Grand Prix Prancis meraih pole position pertamanya pada usia 16 tahun dan 89 hari. Ia juga meraih pole untuk Grand Prix Spanyol 2010 tapi pipa knalpot jatuh pada putaran pembukaan dan pergi di bawah roda belakang, menyebabkan Márquez untuk kecelakaan dan melukai bahunya. Kemenangan pertamanya adalah pada tanggal 6 Juni 2010 di Mugello. Kemenangan lebih lanjut di Silverstone, Assen dan Catalunya di tiga balapan berikutnya membuat Marquez pembalap termuda yang memenangkan empat balapan berturut-turut. Kemenangan kelima Nya dalam suksesi di Sachsenring adalah kemenangan ke-100 Derbi di Grand Prix balap, dan Márquez menjadi pembalap pertama sejak Valentino Rossi pada tahun 1997 untuk memenangkan lima balapan berturut-turut dalam balap 125cc.

Marc Márquez junior saat menjuarai kompetisi 125cc

Dia kurang berhasil dalam balapan berikutnya, jatuh ke posisi ketiga dalam klasemen pada satu titik balik Nicolás Terol dan Pol Espargaró setelah terlibat dalam kecelakaan dengan Randy Krummenacher di tikungan pertama di Motorland Aragon. Empat kemenangan berturut-turut dari Motegi seterusnya pindah Márquez menjadi 17 poin atas Terol dengan hanya satu putaran untuk pergi. Di Estoril, lomba berbendera merah karena hujan dengan Márquez berjalan kedua Terol. Ketika kembali ke grid untuk balapan kedua, Marquez jatuh di lap penampakan dan harus kembali ke pit. Dengan perbaikan, Márquez mulai di belakang lapangan setelah tidak berhasil keluar dari pit lane sebelum ditutup lima menit sebelum awal. Meskipun demikian, Márquez pulih untuk memenangkan perlombaan dan dengan demikian memperpanjang keunggulannya sebelum final Valencia. Kemenangan kesepuluh musim ini memindahkan dia ke dalam salah satu dari mengikat rekor yang dibuat oleh Rossi pada tahun 1997. Ia akan jatuh pendek dari mengikat karena ia berada di urutan keempat di balapan terakhir di Valencia menjadi kedua termuda Juara Dunia setelah Loris Capirossi.

Moto2 World Championship

Márquez pindah ke kelas Moto2 untuk 2011 - yang pertama dari yang diharapkan dua tahun kesepakatan - sebagai satu-satunya pembalap dari tim baru Monlau Competicion, dijalankan oleh manajernya Emilio Alzamora. Dia selesai 21 di Portugal, sebelum mengambil kemenangan pertamanya di kelas di Grand Prix Prancis. Pada lomba rumahnya di Catalonia, Márquez selesai kedua di belakang pemimpin kejuaraan Stefan Bradl, sebelum jatuh lagi di Silverstone, setelah dimulai dari nya posisi Moto2 tiang pertama. Dengan Bradl meraih kemenangan keempatnya di enam balapan pertama, Marquez membuntuti dia dengan 82 poin di akhir pekan. Márquez membuat lonjakan pertengahan musim up klasemen kejuaraan, memenangkan enam dari tujuh balapan berikutnya untuk bergerak dalam enam poin dari Bradl di klasemen kejuaraan.

Di Grand Prix Jepang, Márquez meraih pole position ketujuh musim ini tetapi selesai kedua Andrea Iannone, tapi itu selesai dikombinasikan dengan tempat keempat untuk Bradl, memungkinkan Marquez untuk memimpin kejuaraan dengan sebuah titik. Di Grand Prix Australia, Marquez terlibat dalam insiden dengan Ratthapark Wilairot selama latihan bebas; Marquez menabrak bagian belakang Wilairot setelah sesi telah menyimpulkan, dan untuk naik dalam "secara tidak bertanggung jawab", diberi waktu satu penalti menit ke waktu kualifikasi nya. Hukuman tersebut memastikan Márquez akan memulai balapan dari terakhir di grid, tapi ia berjalan melewati lapangan dan akhirnya menyelesaikan lomba di tempat ketiga.

Sebelum Grand Prix Malaysia, Marquez menegaskan bahwa ia akan tetap di Moto2 untuk musim 2012, setelah rumor pindah ke kelas MotoGP. Balapan Márquez yang terhambat di menit pembukaan sesi latihan bebas pertama, karena ia jatuh di patch basah aspal. Setelah duduk dua sesi latihan lebih lanjut, Márquez menyelesaikan dua lap di sesi kualifikasi, namun kali temannya hanya cukup baik untuk 36 di grid. Dia tidak memulai balapan, karena ia gagal dalam pemeriksaan medis sebelum pemanasan pada ras pagi. Márquez menghadiri lomba akhir musim di Valencia, dengan harapan bisa fit untuk bersaing, namun mengundurkan diri karena masalah penglihatan terus, yang akhirnya memberikan Bradl gelar juara dunia.

MotoGP

Pada tanggal 12 Juli 2012, diumumkan bahwa Márquez telah menandatangani kontrak dua tahun dengan tim Repsol Honda di MotoGP, menggantikan pensiun Casey Stoner bersama Dani Pedrosa, dari 2013 dan seterusnya.

Marquez menguji Honda RC213V untuk pertama kalinya di Valencia setelah akhir tahun 2012 kejuaraan memukul-mukul lebih lambat satu detik dari rekan setimnya dan rekan senegaranya Dani Pedrosa yang menduduki puncak lembar waktu. Márquez lagi mengesankan selama pertama pengujian resmi MotoGP di Sepang dan menyelesaikan dua hari pertama pengujian di posisi ketiga tepat di belakang Pedrosa dan Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi di depan di posisi keempat sebelum swapping tempat dengan Rossi pada hari terakhir. Márquez juga melakukan simulasi balap selama tahap penutupan sesi dan timing-nya yang konsisten dan fenomenal untuk pemula. Marquez melanjutkan bentuk yang mengesankan dalam tes privat Honda di Austin di mana ia menduduki puncak timesheets semua tiga hari.

Putaran 18 diselenggarakan di Valencia, Spanyol. Langit yang sempurna untuk balapan pada hari, Márquez memulai balapan di pole, memiliki awal yang buruk ke dalam 3, Marquez kemudian membiarkan Dani Pedrosa melakukan sebagian besar menyerang awal Jorge Lorenzo, Lorenzo kemudian mendorong setelah ketakutan untuk memenangkan ras, Pedrosa dan Marquez datang 2 dan 3 masing-masing, hasil itu berarti bahwa Marc Márquez adalah termuda Juara Dunia MotoGP pada usia 20 tahun.

0 comments:

Post a Comment