Wednesday, September 17, 2014

Uji Coba Honda All New CBR150R di Sirkuit Kemayoran

Kamis, 11/09/2014 00:00 WIB

All New Honda CBR150R Diuji Langsung di Sirkuit

Advertorial - detikNews

Jakarta - Ada yang berbeda dari area parkir barat JIExpo Kemayoran pada tanggal 6-7 September 2014 lalu. Area parkir barat JIExpo Kemayoran disulap menjadi sirkuit balap dadakan untuk penyelenggaraan Honda Racing Championship (HRC) seri 4.

Bertepatan dengan peluncuran All New Honda CBR150R, HRC seri 4 tahun ini menjadi ajang unjuk ketangguhan motor sport premium terbaru dari PT. Astra Honda Motor (AHM) tersebut. 12 pebalap binaan Honda yang ditunjuk untuk menunggangi CBR150R adalah A. M. Fadly, Gerry Laurens, M. Nurgianto, Gede Arya, Wahyu Widodo, Owie Nurhuda, Willy Hammer, Wawan Hermawan, Iswandi Muis, Rifki M. Fauzi, Okky Lukman, dan Gilang Pranata

Sirkuit dirancang sepanjang 1,2 km menjadi bukti ketangguhan para pembalap tapi sekaligus menjadi ajang pembuktian ketangguhan All New Honda CBR150R. Motor sport premium dengan spesifikasi standar, perubahan hanya sebatas ubahan di knalpot, pijakan kaki, setang, ECU, dan ban.

Motor ini didesain dengan rangka inovatif tipe truss atau treliss yang ringan namun kuat dan lebih lincah untuk mengahadapi medan yang sulit. Rangka kelas dunia ini ternyata juga memaksimalkan suspensi Pro-Link yang dapat mengurangi getaran mesin sehingga motor tetap stabil saat dikendarai. Untuk urusan performa All New Honda CBR150R boleh dikatakan sebagai yang terbaik di kelas 150cc. Tenaga di putaran rendah dan menengah terasa cukup agresif.

Melalui persaingan yang cukup sengit dalam menaklukan sirkuit dadakan ini, AM. Fadly (14 tahun) dari tim Honda ASP Racing Team berhasil menjadi pemenang. Fadly lalui 10 lap hanya dengan durasi 9 menit 49 detik. Dibelakangnya menyusul Owie Nurhuda dari tim Honda Oei Kukar KYT IRC Bandung dan Wawan Hermawan dari tim Astra Motor Racing Team Makassar. Bahkan, Fadly berhasil menjadi yang tercepat dengan torehan waktu 58.090 di putaran ke-8.

"Saya sangat berterima kasih kepada AHM atas kesempatan ini. Sejauh tadi saya balapan, CBR 150R model baru yang saya pakai ini benar-benar oke," ujar Andi Muhammad Fadly usai balapan.

Dari segi dapur pacunya, motor sport ini menggunakan mesin ber-DNA motor balap 4-stroke 150cc, DOHC, 4 valve, 6 speed berpendingin cairan, tenaga yang dipacu dapat mencapai 12,6 kW/10.500 rpm dengan torsi 13,0Nm/7.500 rpm. Meski demikian motor sport ini hemat bahan bakar hngga 35,2 km/liter dan ramah lingkungan karena menerapkan sistem suplai bahan bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection) dengan standar emisi EURO 3.

All New Honda CBR150R disematkan rem cakram ganda pada roda depan dan belakang. Motor ini juga dilengkapi panel meter digital dengan informasi yang lengkap seperti speedometer, odometer, trip meter, fuel meter, jam dan suhu mesin.

Pokoknya pakai All New Honda CBR150R ini semuanya enak deh. Aku nyaman banget balapan tadi," kata Fadly lagi ketika ditanya mengenai pengalamannya menaklukan sirkuit dengan All New Honda CBR150R.


sumber: DetikNews

0 comments:

Post a Comment